HANBOK (KOREA) - PAKAIAN TRADISIONAL ASIA PART 2

Rabu, 25 Januari 2012


Hanbok merupakan pakaian tradisional yang berasal dari korea selatan, hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Hanbok sendiri berasal dari kata “han” yang merupakan sebutan bagi korea dan “bok” yang berarti pakaian, jadi secara harfiah hanbok memiliki arti “pakaian korea”.
 
Hanbok yang ada saat ini berasal dari jaman dinasti joseon (1392-1910) yang beraliran kong hu chu. Raja-raja pertama dari dinasti joseon menjadikan faham neo kong hu chu sebagai ideologi negara. Penekanan pada formalitas  dan etiket menentukan jenis busana untuk keluarga kerajaan, bangsawan dan rakyat biasa.
Keindahan hanbok terlihat pada keharmonisan warna-warna dan keberaniannya serta kesederhanaan garis-garis yang terdapat pada hanbok itu sendiri.

Beberapa bagian pada hanbok, antara lain:
  • Jeogori merupakan busana bagian atas dari hanbok. Jeogori untuk wanita agak pendek dengan lengkungan dan hiasan-hiasan yang indah.
  •  Dongjeong merupakan kerah putih yang ditempelkan sepenjang sisi garis leher. Menjadikan kontras dan harmonis dengan keseluruhan lekukan leher.
  • Otgoreum merupakan sepotong kain hiasan untuk wanita yang tergantung vertikal di bagian depan chima.
  •  Baerae (lengan baju jeogori) merupakan bagian bawah lengan baju baik jeogori maupun magoja (mantel luar), bentuknya bundar sehingga dengan sendirinya lengkung seperti bentuk tepi atap rumah tradisional korea.
  • Chima merupakan rok luar wanita.
  •  Pattern merupakan motif-motif tradisional dengan kombinasi garis-garis dan warna yang indah baik motif tumbuh-tumbuhan, hewan atau motif alam lainnya yang ditambahkan pada tepi rok, sekeliling bahu dan kerah leher. 

Hanbok Modern
 Klasifikasi dari jenis hanbok diatur sesuai dengan status sosial, tingkatan ,jenis kelamin dan umur dari pemakainya. Sekarang ini hanbok lebih sering digunakan oleh orang-orang korea untuk upacara-upacara atau hari-hari peringatan seperti Chhuseok.

Sumber:
http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._KESEJAHTERAAN_KELUARGA/197207122001122-MILA_KARMILA/BUSANA.PENGANTIN_.PDF/BUS._PENG.KOREA.pdf

sumber  foto: new.gamemoi.org

0 komentar:

Poskan Komentar